Cara Membuat Tote Bag, Cukup Dengan 9 Langkah Mudah!

Cara Membuat Tote Bag, Cukup Dengan 9 Langkah Mudah!

Cara Membuat Tote Bag, Cukup Dengan 9 Langkah Mudah! - Terdapat beberapa alasan mengapa orang mulai menggunakan tote bag. Selain desainnya yang simpel, tote bag juga multifungsi. Jika kamu sedang mencari cara membuat tote bag tanpa mesin jahit, artikel ini cocok untuk kamu jadikan referensi.

Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa cara membuat tote bag yang mudah. Terutama bagi kamu yang masih pemula dalam hal dunia menjahit. Yuk simak selengkapnya!

9 Cara Membuat Tote Bag

1. Pilih Bahan Untuk Membuat Tote Bag

Sebelum kamu mulai membuat tote bag, ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu bahan yang akan kamu gunakan untuk membuat tote bag. Bahan kain yang digunakan dalam pembuatan tote bag yaitu:

Kain Kanvas

Kain kanvas biasa digunakan sebagai media melukis, tetapi bisa juga digunakan untuk membuat totebag. Bahannya tebal dan tahan lama. Terdapat beberapa varian kain yang dapat kamu pilih yaitu blacu kanvas, kanvas marsoto, kanvas terpal, dan lain sebagainya.

Kain Drill

Kain drill terbuat dari benang yang dipintal secara diagonal dan cukup kuat. Biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan kemeja dan celana, tetapi juga digunakan sebagai bahan pembuatan totebag.

Bahan Denim

Bahan denim ini banyak digunakan dalam pembuatan celana jeans. Namun denim juga dapat digunakan untuk membuat totebag karena strukturnya yang tahan lama.

Bahan Spunbond

Spunbond atau nama lain dari polypropylene adalah salah satu jenis kain non woven dengan struktur serat yang kaku, lembut dan rapat. Bahan ini adalah alternatif kain yang hemat biaya untuk membuat goodie bag dan totebag yang ramah lingkungan karena bahannya yang dapat didaur ulang.

2. Membuat Desain Tote Bag

Setelah menentukan jenis kain yang akan digunakan, cara membuat tote bag berikutnya yang harus kamu perhatikan yaitu membuat pola tas tote bag yang akan dijahit.

Terdapat beberapa cara membuat tote bag yang bisa diterapkan menggunakan software seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, atau coretan kertas. Saat menjahit tote bag, sangat penting untuk membuat pola agar nantinya bisa dibuat sesuai ukuran dan desain yang diinginkan.

3. Siapkan Peralatan Yang Diperlukan

Setelah kamu sudah menentukan pola tote bag yang ingin kamu buat, cara membuat tote bag selanjutnya yang perlu kamu perhatikan yaitu menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat tote bag tersebut. Perlengkapan menjahit dasar yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut.

Bahan kain untuk membuat tote bag

  • Penggaris atau meteran
  • Gunting kain atau rotary cutter
  • Pensil atau kapur jahit
  • Jarum pentul
  • Setrika
  • Mesin jahit
  • Benang dan jarum (apabila ingin menjahit tote bag tanpa menggunakan mesin jahit)

4. Potong Kain Sesuai Ukuran dan Pola

Setelah bahan sudah siap, potong kain sesuai ukuran dan pola yang kamu buat sebelumnya. Tandai lembaran kain yang sudah kamu siapkan dengan kapur atau pensil, lalu potong agar sesuai dengan pola dan desain totebag.

Baca Juga : Penjelasan Tas Bahan Kanvas Bagus Atau Tidak, Yuk Simak Selengkapnya!

5. Lipat dan Jahit Kain

Cara membuat tote bag selanjutnya lipat menjadi bersama, dan jahit di kedua sisi dengan kelonggaran jahitan 1/2 inci. Selesaikan ujungnya dengan gunting. (kamu juga bisa menggunakan overcast stitch, jahitan tepi zigzag, atau jahitan menggunakan serger). Kemudian sematkan jarum pentul di bagian bawah dan samping pada tempatnya di setiap sudut.

6. Mulailah Menjahit Totebag

Jahit dengan jarak jahitan 1/2 inci dan tambahkan jahitan baris kedua tepat di sebelah jahitan pertama. Potong kelebihannya dengan gunting, hati-hati jangan sampai memotong jahitan sampingnya.

7. Lipat dan Setrika Tote Bag

Lipat bagian atas tote bag ke bawah, ke arah dalam sebesar 1 1/4 inci dan setrika sampai rata. Lipat lagi ke bawah 1 1/4 inci dan setrika.

8. Pasang Tali Ke Totebag

Potong 1 1/2 yard anyaman kain poliester menjadi dua untuk membuat dua tali berukuran 27 inci. Itu sudah cukup bagi kebanyakan orang. Harap pertimbangkan panjang lengan kamu untuk memilih panjang tali yang sesuai.

Gunakan korek api untuk melelehkan pinggirannya supaya tidak robek. Sejajarkan tali di bagian dalam tas, sejauh 5 inci dari setiap jahitan samping. Sejajarkan bagian bawah tali dengan bagian bawah lipatan yang kamu buat pada langkah sebelumnya dan tempelkan pada tempatnya. Balikkan sisi kanan tas ke luar. Jahit sekeliling bagian atas 1/8 inci dari tepinya, lalu jahit 1 inci lagi dari tepinya.

Baca Juga : Pengertian Pengadaan Barang dan Jasa Yang Perlu Diketahui

9. Perkuat Tali Dengan Pola Jahitan Diagonal

Untuk memperkuat tali pengikat, buat jahitan diagonal di sekeliling ujung setiap tali.

Itulah beberapa cara membuat tote bag yang bisa kamu jadikan referensi. Jika kamu membutuhkan merchandise & hampers berkualitas dengan harga terjangkau, hubungi Liberty Society untuk melakukan pemesanan.

 

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.