LindungiHutan Percaya Semua Punya Peran, Sudahkah Kamu Ambil Peranmu?

LindungiHutan Percaya Semua Punya Peran, Sudahkah Kamu Ambil Peranmu?

Semua orang punya peran terhadap kelestarian lingkungan dan masa depan bumi yang lebih baik. Terlepas dari besar dan kecil peran yang dimiliki, semua punya kesempatan untuk ikut terlibat langsung dalam aksi dan kontribusi. Untuk itu LindungiHutan hadir, kami menjadi jembatan bagi siapapun yang ingin memberikan kontribusi dan mewujudkan dampak baik bagi bumi.

Sebab, apapun yang dilakukan, setiap langkah kecil yang kita ambil dalam kehidupan sehari-hari dapat berkontribusi pada perlindungan lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan bagi semua makhluk yang berbagi bumi ini.

Tak Kenal Maka Tak Sayang, Kenalan Dulu Sama LindungiHutan

Pada awalnya, LindungiHutan muncul sebagai respons dari sekelompok pemuda yang prihatin terhadap nasib petani lokal di wilayah utara Kota Semarang yang mengalami kerugian akibat rob tahunan. Dalam usaha untuk membantu para petani, LindungiHutan menginisiasi platform penggalangan dana yang berfokus pada penanaman pohon dan mendukung penjualan bibit mereka. Melalui platform tersebut pula, semua orang bisa ikut menanam bibit-bibit para petani untuk kawasan pesisir yang lestari!

Sederhananya, LindungiHutan merupakan sebuah platform yang mengundang siapa saja untuk terlibat dalam upaya menjaga hutan dan lingkungan. Bagaimana cara kerjanya? Jadi, kami menjadi wadah dan fasilitator aksi penghijauan dan penanaman pohon secara digital.

Bersama LindungiHutan, kamu memiliki kesempatan untuk mengorganisir kampanye penanaman pohon di suatu wilayah tertentu. Selain itu, kamu juga dapat menyumbangkan pohon dengan harga mulai dari Rp10.000,00. Menariknya, semua ini dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, bahkan dari genggaman smartphone-mu!

Oh iya, hingga saat ini LindungiHutan telah menanam lebih dari 790 Ribu pohon di 45+ lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Sepanjang prosesnya, kami juga melibatkan 118 Mitra Petani lokal serta membersamai 500+ brand maupun perusahaan yang juga terlibat dalam kolaborasi pelestarian hutan dan lingkungan bersama LindungiHutan.

Tahun Baru, Inisiatif Baru

Faktanya, menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2020, wilayah lautan Indonesia sudah tercemar oleh sekitar 1.772,7 gram sampah per meter persegi (g/m2). Adapun, jenis sampah yang paling banyak ditemukan adalah sampah plastik dengan bobot seberat 627,80g/m2.

Fakta tersebut seharusnya cukup untuk mengatakan bahwa kita masih belum memiliki kesadaran dan mekanisme yang baik dalam pengelolaan sampah. Prinsip pengelolaan sampah 3R seharusnya bisa diimplementasikan dengan baik!

Untuk itu, LindungiHutan menggandeng Liberty Society dalam inisiatif TreesBash, yang merupakan solusi alternatif untuk mengatasi masalah ini.

Statement Mas Wisnu

Program ini terdiri dari tiga kegiatan utama, yaitu penanaman mangrove, pembersihan sampah, dan pelatihan upcycling.

  1.     Penanaman mangrove

Selain memberikan manfaat bagi lingkungan, penanaman mangrove juga melibatkan komunitas lokal dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka. Oleh karena itu, kegiatan ini memiliki dampak positif dan memberikan manfaat signifikan baik bagi aspek lingkungan maupun manusia.

  1.     Aksi bersih sampah

Aksi pembersihan sampah bertujuan meningkatkan kesadaran terhadap potensi kerusakan lingkungan, kerugian dalam keanekaragaman hayati, dan dampak buruk pada kesehatan. Di wilayah pesisir, sampah juga dapat mengancam pertumbuhan tunas-tunas mangrove. Partisipan akan mengumpulkan sampah di pesisir dan tim bank sampah akan mengelolanya.

  1.     Upcycling workshop

Kegiatan ini memiliki tujuan sebagai alat edukasi dan meningkatkan kesadaran tentang cara mengelola sampah menjadi barang yang masih dapat digunakan. Dalam workshop ini, peserta akan mempelajari teknik upcycling, termasuk pembuatan lanyard atau card holder, spons tawashi untuk keperluan pembersihan, dan organizer meja dari kardus untuk menyimpan barang-barang sehari-hari.

Inisiatif program TreeshBash terbuka bagi perusahaan yang ingin terlibat dalam kolaborasi ini. Nantinya perusahaan dapat memilih 2 program kombinasi antara penanaman mangrove dan aksi bersih sampah maupun penanaman mangrove dan kegiatan upcycling workshop.

Mengapa Harus Terlibat dalam TreeshBash? Hubungi Kami di Sini!

 

Tentang LindungiHutan

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.