Produk Eco Friendly Yang Cocok Untuk Bisnis Dan Hadiah

Produk Eco Friendly Yang Cocok Untuk Bisnis Dan Hadiah

Produk Eco Friendly Yang Cocok Untuk Bisnis Dan Hadiah - Dampak pemanasan global dan kerusakan lingkungan sudah mulai terasa. Sampah dari barang sekali pakai, seperti sendok dan botol plastik semakin banyak terkumpul. Sebagai badan usaha atau lembaga yang perhatian terhadap lingkungan, maka kamu harus mempertimbangkan kembali penggunaan produk eco friendly sebagai souvenir di tempat kerja.

Salah satu dampak luar biasa dari penggunaan produk eco friendly sebagai kenang-kenangan di tempat kerja adalah membantu mencegah kerusakan lingkungan akibat limbah. Supaya lebih jelas, yuk simak penjelasan, manfaat, dan beberapa produk eco friendly yang bisa dijadikan souvenir di tempat kerja.

Definisi Produk Eco Friendly

Singkatnya, produk eco friendly atau disebut juga dengan produk go green merupakan barang-barang yang ramah lingkungan. Dikutip dari Lindungihutan.com, produk eco friendly tidak hanya bermanfaat bagi kelestarian lingkungan, tetapi juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup hewan dan manusia di Bumi.

Produk eco friendly disebut tidak menghasilkan emisi karbon dalam jumlah besar, mudah terurai di alam, tidak mudah rusak, tidak mengandung racun, terbuat dari bahan baku yang mudah didaur ulang, dan memiliki kemasan minimalis.

Menggunakan produk eco friendly dapat menjadi salah satu upaya untuk mengurangi limbah. Pasalnya, penggunaan barang-barang tersebut merupakan salah satu prinsip 4R yaitu reduce (mengurangi), reuse (memakai kembali), recycle (mendaur ulang), dan replace (mengganti).

Manfaat Produk Eco Friendly

Produk eco friendly mempunyai keberkahan bagi semua pihak, tak terkecuali lingkungan. Minimal ada 4 manfaat ketika menggunakannya. Apa saja? Simak beberapa manfaat penggunaan produk ramah lingkungan di bawah ini.

1. Mengurangi Polusi

Produk ramah lingkungan umumnya digunakan dalam jangka waktu yang lama, sehingga dapat mengurangi polusi udara yang dihasilkan selama proses produksi.

2. Produk Ramah Lingkungan Akan Mengurangi Limbah

Tidak diragukan lagi, penggunaan produk ramah lingkungan akan mengurangi jumlah limbah. Hal tersebut dikarenakan produk ramah lingkungan dapat digunakan terus-menerus dalam aktivitas sehari-hari.

Ketika seseorang sudah beralih ke produk ramah lingkungan, mereka pasti sudah sangat sadar dengan banyaknya sampah yang mereka keluarkan setiap harinya. Sehingga pengguna tidak lagi menggunakan kemasan sekali pakai untuk makan, minum, dan berbelanja.

3. Lebih Hemat

Produk eco friendly akan mengurangi konsumsi minuman, makanan, atau produk sekali pakai. Hal ini dikarenakan konsumen dapat menyiapkan sendiri minuman atau makanannya di rumah kemudian membawanya ke kantor atau ketika bepergian.

4. Meningkatkan Kualitas Kesehatan

Pengguna produk ramah lingkungan akan menikmati salah satu manfaatnya yaitu tubuh menjadi lebih sehat. Pasalnya, produk eco friendly hanya menggunakan bahan-bahan herbal, contohnya sampo tanpa bahan kimia berbahaya.

Selain itu, penggunaan alat makan ramah lingkungan juga jauh lebih higienis karena konsumen sendiri yang membersihkan alat tersebut. Dengan demikian, proses pembersihan lebih terjamin.

Baca Juga : Inovasi Produk Ramah Lingkungan dan Cara Memulainya

Rekomendasi Produk Eco Friendly untuk Souvenir Kantor

Apakah kamu perlu ikut serta dalam kepedulian terhadap Bumi? Apabila iya, kamu bisa memulainya dengan cara memilih produk ramah lingkungan sebagai souvenir kantor. Bukan hanya lingkungan saja yang menyukainya, namun memberikan produk ramah lingkungan juga digemari oleh kalangan karyawan.

Banyak benda yang bisa dijadikan souvenir di tempat kerja. Berikut beberapa rekomendasi produk eco friendly yang bisa dijadikan souvenir untuk perusahaan.

1. Tote Bag

Tote bag yang dapat dilipat merupakan salah satu pilihan souvenir eco friendly yang bisa kamu jadikan rekomendasi. Penggunaan tote bag ternyata semakin populer di semua kalangan. Produk eco friendly ini dapat digunakan untuk segala kebutuhan karena ramah lingkungan dan praktis.

Tote bag juga dapat digunakan untuk menyimpan keperluan pribadi seperti buku, peralatan makan, atau pakaian. Tas seperti ini bisa digunakan sebagai tas belanja untuk mengganti kantong plastik. Bahkan, pemerintah juga telah melarang penggunaan kantong plastik di supermarket dan mini market yang ada di Indonesia.

Salah satu jenis tote bag yang banyak digunakan yaitu tote bag lipat. Pengguna dapat melipatnya, kemudian menyimpannya di tas dan menggunakannya langsung sesuai kebutuhan.

2. Set Peralatan Makan (Cutlery)

Membawa produk eco friendly sangat membantu seseorang menjaga kebersihan dan mengurangi limbah ketika makan di luar. Sebenarnya banyak sekali peralatan makan yang dapat digunakan ketika bepergian, sehingga konsumen hanya perlu membersihkan dan mengeringkannya setelah selesai.

Apabila kamu ingin membagikan set peralatan makan sebagai souvenir kantor, maka kamu bisa mempercantiknya dengan mencetak logo pada bagian sendok atau kotaknya. Produk ramah lingkungan ini terkenal karena tahan lama, terjangkau, dan praktis.

3. Buku Agenda

Tidak semua alat tulis di tempat kerja langsung dibuang setelah selesai digunakan. Buku agenda dengan hardcover yang berisi lembaran tulis kosong juga merupakan produk eco friendly yang bisa kamu jadikan rekomendasi.

Pengguna hanya perlu mengganti seluruh lembar tulisan dengan catatan kosong untuk menggunakannya kembali. Buku agenda seperti ini tentu saja lebih tahan lama, bisa digunakan jangka panjang, dan tetap terlihat eksklusif.

Buku agenda berbahan dasar kulit sintetis sangat cocok dijadikan sebagai kenang-kenangan untuk di tempat kerja. Tambahkan juga logo usaha supaya branding semakin optimal!

4. Name Tag

Name tag menjadi salah satu produk ramah lingkungan yang bisa dipilih sebagai souvenir perusahaan karena dapat digunakan terus-menerus dan mengurangi sampah plastik. Setiap kali diadakan workshop atau seminar, pengguna hanya perlu mencantumkan kertas sebagai identitas tambahan dan kemudian dimasukkan ke dalam name tag.

Dengan cara ini, plastik name tag tidak diperlukan di acara-acara. Sehingga perusahaan atau beberapa lembaga tidak hanya akan mengurangi limbah, sekaligus juga dapat menghemat anggaran acara.

Baca Juga : Apa Itu Goodie Bag? Simak Penjelasan Lengkapnya!

5. Tumbler

Penggunaan tumbler dalam gaya hidup sehari-hari akan sangat bermanfaat bagi lingkungan. Pasalnya, kamu tidak harus menggunakan gelas plastik ketika membeli kopi atau air minum kemasan.

Tumbler sangat praktis untuk dibawa ketika bepergian. Saat ini jenis tumbler sudah sangat beragam dan sesuai dengan kebutuhan, termasuk tumbler termos. Bentuk botol ini mampu menjaga minuman tetap dingin atau panas selama berjam-jam. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang rutin melakukan kegiatan di luar ruangan.

Sebagai bentuk dari kepedulian terhadap lingkungan, perusahaan dan kelembagaan sebaiknya menggunakan produk ramah lingkungan sebagai suvenir kantor. Selain tahan lama, produk eco friendly akan membantu pengguna dalam mengurangi limbah, menjadi lebih terjangkau dan lebih sehat.

Produk-produk seperti tumbler, peralatan makan, tote bag, buku agenda, dan name tag sangat direkomendasikan sebagai suvenir perusahaan atau onboarding kit untuk karyawan baru. Jika kamu tertarik dengan produk eco friendly, kamu bisa langsung menghubungi Liberty Society untuk melakukan pemesanan

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.