Contoh Program CSR Perusahaan dan Model Kerjanya

Contoh Program CSR Perusahaan dan Model Kerjanya

Contoh Program CSR Perusahaan dan Model Kerjanya - Setiap pelaku usaha perlu memenuhi tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat atau lingkungan tempat usahanya beroperasi. Tanggung jawab ini dilakukan oleh suatu perusahaan melalui program yang disebut CSR.

Lalu apa saja manfaat CSR bagi perusahaan dan masyarakat sekitar? Mari simak artikel dibawah ini untuk mendapatkan penjelasan tentang contoh program csr perusahaan dan model kerjanya!

Apa Itu CSR?

CSR memiliki arti Corporate Social Responsibility. Hal ini merupakan kegiatan bisnis perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosialnya kepada pemangku kepentingan dan masyarakat.

CSR adalah suatu bentuk perhatian perusahaan terkait adanya penumbuhan kesejahteraan yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan. Bentuk CSR sendiri dapat berupa kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh manajemen perusahaan. Sehingga, perusahaan yang menjalankan seluruh kegiatan operasionalnya.

Maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa CSR merupakan sebuah bentuk tanggung jawab sosial oleh pihak perusahaan untuk memberikan manfaat para pihak yang disekitar lingkungan dengan berbagai macam program bermanfaat.

Dana CSR adalah pengeluaran anggaran bagi sebuah perusahaan guna pemenuhan kewajiban tanggung jawab sosial. Anggaran CSR diatur dengan peraturan perundang-undangan. Besaran dana CSR tidak diatur secara spesifik, namun disesuaikan dengan kebijakan perusahaan.

Akan tetapi, biaya CSR harus dianggarkan oleh perusahaan sesuai dengan kepatutan dan kewajaran. Karena hal ini diatur oleh UU 40/2007 Pasal 74 ayat 2. Walaupun adakalanya dana CSR juga disesuaikan dengan peraturan daerah setempat.

Secara tidak langsung, CSR mempunyai dampak terhadap keberlangsungan usaha karena tanggung jawab sosial terhadap lingkungan, masyarakat dan pemerintah akan menciptakan citra perusahaan yang baik. Adapun manfaat yang dapat diraskan dengan adanya CSR, sebagai berikut:

Manfaat CSR

1. Bagi Lingkungan

CSR dapat digunakan untuk melindungi lingkungan. Perusahaan dapat berkontribusi aktif melalui program-program yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan.

2. Bagi Masyarakat

Program CSR suatu perusahaan dapat dilaksanakan dengan cara menyerap tenaga kerja dari penduduk lingkungan perusahaan. Program CSR juga bisa menargetkan masyarakat dan memberikan kontribusi terhadap kesejahteraannya.

Hal ini membuat orang-orang di sekitar perusahaan lebih terlibat dan aman.
Misalnya program yang dapat dilaksanakan melalui perluasan kesempatan dan pengembangan yang diberikan perusahaan.

3. Bagi Pemerintah

CSR dapat berperan dalam mendukung program pemerintah yang ditujukan untuk kemajuan bangsa dan negara. Memiliki CSR minimal akan membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial seperti polusi, kemiskinan, kemelaratan, kurangnya fasilitas kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Dengan cara ini, program CSR juga dapat menjaga hubungan baik dengan pemangku kepentingan.

4. Manfaat CSR Bagi Perusahaan

Menciptakan hubungan harmonis bagi perusahaan dengan masyarakat, pemerintah dan lingkungan hidup. Dalam hal ini, tentunya membantu perusahaan dalam meningkatkan citra perusahaannya.

Perusahaan yang peduli merupakan sebuah perusahaan yang memenuhi tanggung jawab sosialnya secara tidak langsung. Ada beberapa proyek sosial nasional CSR seperti beasiswa sepak bola, pembuatan sumur di daerah kering yang mampu membekas di hati masyarakat.

Jika hal tersebut tercapai, maka perusahaan telah menunjukkan dirinya sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar. Berikut contoh program CSR perusahaan.

Baca Juga : Kerajinan Tangan Yang Bisa Dijual Online, Pundi Cuan!

7 Contoh Program CSR Perusahaan

1. Rehabilitasi Alami

CSR memiliki program restorasi alam. Masyarakat sadar bahwa beberapa usaha menghasilkan limbah yang tidak ramah lingkungan. Dengan demikian, kegiatan restorasi alam dapat dilakukan sebagai tanggung jawab sosial. Kegiatan yang dapat dilaksanakan antara lain penghijauan, pemberian bibit tanaman produktif, penanaman mangrove dan lain sebagainya.

2. Kegiatan Kemanusiaan Atau Filantropis

Filantropi merupakan salah satu contoh program CSR perusahaan yang dapat dilakukan. Bentuk kontribusinya bisa bermacam-macam, seperti penggalangan dana donasi, pembukaan kampung wirausaha, pemberian bantuan keuangan kepada UMKM, dan lain sebagainya.

3. Daur Ulang Sampah Yang Ramah Lingkungan

Contoh program CSR perusahaan selanjutnya adalah pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Pengelolaan seperti ini penting untuk mengurangi toksisitas limbah selama pembuangan, sehingga meminimalkan kerusakan ekosistem.

Misalnya, sebuah perusahaan mungkin terlebih dahulu memilah sampah berdasarkan jenisnya (organik, anorganik, dan beracun). Setelah dipilih, perusahaan dapat mengolah sampah tersebut dengan menggunakan teknologi tertentu agar nantinya dapat dibuang.

4. Pemanfaatan Sumber Energi Terbaru

Penggunaan energi terbarukan memaksa perusahaan untuk mengambil bagian dalam konservasi sumber daya yang terancam punah seperti minyak dan gas alam. Adapun contoh program CSR perusahaan lainnya yaitu pemanfaatan sumber energi terbarukan seperti angin, air, gas alam, dan energi matahari.

5. Budaya Kerja Ramah Karyawan

Menciptakan budaya kerja yang ramah sumber daya manusia dapat dijadikan salah satu contoh program CSR perusahaan. Tidak melulu soal materi, CSR perusahaan bisa dicapai melalui penanaman nilai dan sikap. Hal ini dapat meningkatkan karakter dan budaya kerja perusahaan.

6. Menjadi Sukarelawan

Volunteering atau kerja sukarela merupakan salah satu contoh program CSR perusahaan yang dapat dilakukan secara berkala atau sesekali. Misalnya, bisa mengirimkan tenaga pengajar ke daerah terpencil yang masih kekurangan guru.

Contoh program CSR perusahaan lainnya adalah pendistribusian relawan medis ke tempat yang benar-benar membutuhkan. Sedangkan episodic voluntering contohnya dapat berupa pengiriman relawan ketika terjadi bencana di suatu daerah.

7. Pemberdayaan Ekonomi Pegawai

Contoh program CSR perusahaan selanjutnya adalah pemberdayaan ekonomi karyawan. Dana CSR dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan karyawan sehingga meningkatkan peluang ekonominya.

Misalnya saja dengan menggunakan program CSR di perusahaan, mereka dapat membentuk koperasi karyawan, mengajarkan keterampilan kewirausahaan, dan membantu karyawan membiayai usahanya.

Berdasarkan beberapa contoh program CSR perusahaan di atas, model CSR bisa bermacam-macam bentuknya. Perusahaan mungkin memiliki metode atau modelnya sendiri untuk melakukan hal ini. Beberapa model tersebut antara lain sebagai berikut.

Baca Juga : Cara Pengolahan Limbah Cair yang Benar dan Tepat

Model Kerja CSR Perusahaan

Interaksi Langsung

Model partisipasi langsung menyarankan agar perusahaan melaksanakan CSR secara langsung di hadapan masyarakat umum. Contoh program CSR perusahaan yang satu ini yaitu perusahaan memberikan bantuan berupa uang dan menyalurkannya kepada masyarakat lokal yang kurang mampu. Program bantuan ini diberikan langsung oleh perusahaan kepada masyarakat tanpa perantara.

Melalui Dana Sosial

Program CSR juga dapat dilaksanakan melalui yayasan atau dana sosial yang dibentuk oleh perusahaan itu sendiri. Model ini telah digunakan oleh banyak perusahaan di berbagai negara maju. Tujuan bantuan tetap sama yaitu dana sosial memberikannya kepada masyarakat.

Kemitraan

Perusahaan juga dapat bermitra dengan pihak eksternal atau pihak lain untuk program CSR-nya. Mitra kerjasama adalah mitra yang fokus pada bidang kegiatan sosial, baik lembaga sosial yang dikelola swasta maupun negara.

Bergabunglah Dengan Konsorsium

Model lain yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah bergabung atau sekadar mendukung konsorsium. Konsorsium merupakan bentuk kerjasama antara dua perusahaan untuk melaksanakan suatu proyek. Tentu saja proyek yang dilaksanakan merupakan proyek sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa contoh program CSR yang dapat dilaksanakan antara lain perbaikan jalan, pembangunan gedung sekolah, pembangunan jembatan, dan kegiatan lain yang bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan.

Demikian pembahasan tentang contoh program CSR perusahaan, mulai dari pemahaman hingga model yang dapat digunakan perusahaan untuk mengimplementasikannya. Kegiatan ini menjadi bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat.

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.