Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Indonesia Untuk Orang Asing, Yuk Ketahui!

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Indonesia Untuk Orang Asing, Yuk Ketahui!

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Indonesia Untuk Orang Asing, Yuk Ketahui! - Pariwisata menjadi sumber utama devisa negara Indonesia, terutama karena beragamnya destinasi liburan unik di Indonesia yang menarik jutaan pengunjung internasional setiap tahunnya.

Di samping aktivitas dan tempat yang memikat, ada beragam oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing, hal ini bertujuan untuk mencerminkan keindahan dan kekayaan budaya negara Indonesia.

Jika kamu bersiap untuk menjamu rekan kerja internasional atau kembali ke luar negeri setelah pulang kampung, pertimbangkan untuk memberikan oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing.

20 Oleh-Oleh Khas Indonesia untuk Orang Asing

1. Batik

Dibuat melalui teknik pewarnaan manual yang rumit, batik mewakili keindahan dan warisan budaya Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Dengan memberikan oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing, kamu berbagi sepotong sejarah dan tradisi bangsa Indonesia yang luar biasa dengan rekan kerja.

2. Kopi Luwak

Oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing berikutnya adalah kopi luwak. Kopi luwak dianggap sebagai salah satu kopi paling eksklusif di dunia, kopi luwak diproduksi melalui proses yang unik.

Biji kopi dikonsumsi oleh hewan luwak, lalu biji kopi yang dipilih kemudian dikumpulkan dari kotoran hewan tersebut. Meskipun ini mungkin tampak tidak biasa, kopi yang dihasilkan menawarkan rasa yang lembut, tingkat keasaman yang rendah, dan aroma yang memikat.

3. Kerajinan Tangan

Indonesia adalah gudang harta karun kerajinan tangan. Contohnya termasuk tas anyaman Bali yang menampilkan pola unik, dan patung kayu Jepara yang memancarkan esensi tradisional yang kuat. Oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing ini menjadi hadiah yang sangat baik.

4. Kain Songket

Dihiasi dengan benang emas atau perak, kain songket adalah contoh seni tenun yang menakjubkan. Kain ini sangat cocok untuk acara-acara khusus atau pakaian formal. Dengan mempersembahkan sepotong kain songket, kamu menawarkan kenang-kenangan berharga yang mewujudkan warisan budaya Indonesia yang kaya.

5. Sambal

Sambal adalah bumbu pedas yang sangat penting dalam masakan Indonesia. Oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing ini dibuat dari campuran cabai, bawang, tomat, garam, dan berbagai rempah-rempah. Menawarkan berbagai macam rasa dari yang ringan hingga yang sangat pedas.

Selain sekadar pelengkap, sambal memainkan peran penting dalam tradisi kuliner Indonesia. Sambal menjadi oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing, terutama bagi mereka yang suka kuliner.

6. Lombok Pearl

Berasal dari perairan Lombok, mutiara ini memiliki kilau alami yang luar biasa. Setiap mutiara memiliki bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda, menjadikannya pilihan oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing.

7. Wayang Kulit

Bentuk seni tradisional Indonesia ini dikenal luas. Selama pertunjukan wayang, penonton menyaksikan bayangan karakter dari cerita epik legendaris yang ditampilkan di layar.

Kaya akan makna budaya, wayang kulit berfungsi sebagai oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing yang bermakna, sehingga memungkinkan penerimanya untuk terhubung dengan sejarah, mitos, dan warisan seni Indonesia.

8. Wayang Golek

Wayang kulit dan wayang golek memiliki perbedaan dalam konstruksinya. Wayang kulit dibuat dari kulit kerbau, sedangkan wayang golek terdiri dari boneka kayu yang diukir dengan indah. Meskipun berbeda, keduanya menggambarkan tokoh-tokoh legendaris yang mirip dengan tokoh-tokoh dalam wayang kulit.

9. Lemper

Lemper adalah camilan tradisional Indonesia yang lezat dan menarik. Terbuat dari ketan yang dibungkus daun pisang, biasanya diisi dengan ayam atau ikan berbumbu.

Saat mempertimbangkan lemper sebagai oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing, perhatikan durasi perjalanan, karena camilan ini umumnya hanya memiliki masa simpan 1-2 hari.

10. Keripik Tempe

Meskipun beberapa wisatawan internasional mengenali tempe, keripik tempe mungkin merupakan penemuan baru. Camilan beraroma ini menghadirkan pilihan unik oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing. Selain itu, keripik tempe tahan lama, sehingga ideal untuk perjalanan jarak jauh.

Baca Juga : Mengenal Bahan Gantungan Kunci Yang Sering Digunakan

11. Kue Lapis Legit

Kue lapis legit merupakan camilan yang sangat digemari di pasaran. Rasa dan teksturnya menarik bagi lidah orang asing, sehingga menjadikannya pilihan oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing.

Namun, penting untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa sebelum membeli, karena makanan lezat ini biasanya hanya memiliki masa simpan sekitar tiga hari.

12. Sarung

Sarung menawarkan pengalaman berpakaian khas Indonesia, karena umumnya dikenakan dalam berbagai acara sosial dan keagamaan setempat. Selain sebagai pakaian, sarung juga dapat berfungsi sebagai selimut atau hiasan dinding, sehingga menambah sentuhan khas budaya Indonesia di rumah rekan kerja kamu.

13. Keris

Keris merupakan senjata tradisional Indonesia yang memiliki nilai budaya dan sejarah. Dengan bilahnya yang tajam dan melengkung, gagang yang diukir rumit, dan sarung yang dihias dengan unik, sehingga keris lebih dari sekadar senjata.

Keris berperan dalam upacara keagamaan dan melambangkan kekuatan serta kehormatan. Hal ini menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing yang berkesan dan eksotis.

14. Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional khas Indonesia, terbuat dari bambu dan biasanya dimainkan secara berkelompok. Jika dimainkan bersama-sama, alat musik ini akan menghasilkan suara yang pasti akan memukau pendengarnya. Alat musik ini menggambarkan kreativitas dan bakat seni yang terdapat dalam budaya Indonesia.

15. Batu Alam

Batu alam menunjukkan keindahan alam Indonesia dalam bentuk alami. Tersedia dalam bentuk permata seperti zamrud atau intan, giok, batu sungai, dan obsidian. Batu-batu ini sering digunakan dalam perhiasan, seni dekoratif, atau bahan bangunan.

16. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih umumnya digunakan dalam perawatan tubuh dan untuk meredakan berbagai gejala penyakit. Minyak ini memberikan sensasi hangat pada kulit dan memiliki aroma yang menenangkan. Bagi mereka yang menyukai aromaterapi, minyak ini dapat menjadi oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing.

Sebelum membeli barang ini sebagai souvenir, Kami menyarankan untuk memeriksa peraturan maskapai penerbangan mengenai cairan, karena biasanya ada batasan jumlah cairan yang dapat dibawa ke dalam pesawat.

17. Kain Tenun Ikat

Kain tenun ikat dikenal dengan warna-warnanya yang cerah. Setiap desain memiliki makna tertentu dan melambangkan aspek budaya lokal. Daerah yang terkenal dengan tekstil tenun ini meliputi Sumatera Utara, Palembang, dan Nusa Tenggara Timur.

18. Indomie

Indomie adalah makanan yang disukai oleh jutaan orang. Makanan ini dapat disiapkan dengan cepat dan tidak hanya lezat tetapi juga praktis. Berbagi hidangan Indonesia yang populer ini dengan rekan kerja, pasti akan menarik minat mereka!

19. Kerupuk

Kerupuk merupakan camilan dan makanan pendamping yang populer di Indonesia. Kerupuk tersedia dalam berbagai rasa, mulai dari ikan hingga udang, dan gurih atau pedas. Mirip dengan mie instan, kerupuk merupakan tradisi kuliner Indonesia yang bisa diberikan kepada teman-teman asing.

20. Rendang Bumbu Instan

Rendang merupakan hidangan Indonesia yang terkenal di seluruh dunia karena cita rasanya yang berasal dari berbagai macam rempah-rempah. Untuk menyederhanakan proses memasak, kamu dapat membeli rendang bumbu instan, yang memungkinkan persiapan yang cepat dan mudah. ​​Dengan cara ini, rekan kerja kamu dapat menikmati cita rasa asli Indonesia di mana pun mereka berada.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing. Jika kamu membutuhkan merchandise & hampers berkualitas dengan harga terjangkau, hubungi Liberty Society untuk melakukan pemesanan.

 

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.