Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Tujuan utama dalam mendirikan dan menjalankan suatu usaha tentu saja untuk memperoleh keuntungan. Tetapi, ada sebagian orang yang memilih menjalankan usahanya dengan konsep sociopreneur, ada pula yang memilih untuk membuka bisnis ramah lingkungan.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan bisnis ramah lingkungan? Bisnis ramah lingkungan disebut juga bisnis industri hijau, bisa diartikan sebagai jenis usaha yang menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan. Bisnis ini memanfaatkan bahan-bahan dan energi seekonomis mungkin dengan tujuan mengurangi emisi karbon.

Belakangan ini semakin banyak konsumen yang sadar akan permasalahan lingkungan, sehingga para pemasar juga perlu mewaspadai hal tersebut supaya produk yang mereka tawarkan dapat diterima dengan baik, karena terlihat sesuai dengan standar ramah lingkungan yang mereka pegang.

17 Contoh Bisnis Ramah Lingkungan

Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa contoh bisnis ramah lingkungan yang bisa kamu jadikan referensi apabila ingin memulai usaha. Kamu dapat memilih bisnis yang sesuai dengan passion dan minat kamu, namun tetap tidak merusak lingkungan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

1. Bisnis Aksesoris dari Barang Bekas

Ide bisnis ramah lingkungan yang pertama yaitu bisnis pembuatan aksesoris dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Sebenarnya ide ini sudah ada sejak lama, namun kini belum banyak pemasar yang menjalankannya dengan serius.

Bisnis ini didasarkan pada kreativitas dan imajinasi yang cukup besar. Banyak sekali barang-barang bekas yang bisa dimanfaatkan, antara lain botol plastik, sisa kain lap, potongan kayu, kain flanel, batok kelapa, bahkan bekas bungkus sachet berbagai produk.

2. Bisnis Peralatan Makan Ramah Lingkungan

Jika dicermati, beberapa waktu belakangan ada tren dalam menggunakan peralatan makan ramah lingkungan. Permintaan untuk barang seperti ini memang sangat tinggi. Mengapa dikatakan sebagai contoh bisnis ramah lingkungan?

Pasalnya, bahan yang digunakan dalam proses produksinya tidak terbuat dari logam seperti yang biasa digunakan pada peralatan makan konvensional, melainkan menggunakan serat bambu.

Selain sebagai alat makan, banyak konsumen yang juga menjadikan alat makan ramah lingkungan ini sebagai oleh-oleh untuk berbagai acara. Tentu saja, ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan.

3. Bisnis Perkebunan Sayur dan Buah Organik

Seperti yang telah disampaikan di atas, saat ini semakin banyak masyarakat sebagai konsumen yang sadar akan kesehatan dan kelestarian lingkungan. Bisnis buah dan sayur organik nampaknya cukup menjanjikan. Disebut organik karena cara penanamannya tidak mengandung pupuk atau bahan kimia tambahan apapun. Selain menyehatkan, juga ramah lingkungan bukan?

4. Bisnis Katering Sehat

Ide bisnis ramah lingkungan berikutnya yaitu katering sehat. Tren gaya hidup sehat memang cukup terkenal di kalangan masyarakat perkotaan. Dengan terbatasnya waktu luang yang mereka miliki, sehingga seringkali sulit untuk menyiapkan makanan sehat sendiri.

Sebagian besar pebisnis yang menjalankan bisnis ini menggunakan bahan baku organik untuk membuat makanan. Bukan hanya berasal dari bahan baku bebas kimia, namun proses memasaknya juga tidak menggunakan MSG atau bahan pengawet.

5. Bisnis Reparasi dan Refurbishing Sepeda

Bersepeda juga merupakan hobi yang sedang tren. Dengan mengusung ide ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan energi bahan bakar berbasis fosil, hobi ini juga bisa dijadikan peluang usaha ramah lingkungan.

Kamu bisa membuka usaha penyewaan sepeda atau usaha restorasi dan rekondisi jika kamu menguasai bidang tersebut. Usaha ini mempunyai peluang yang sangat besar. Pengaruh lingkungan bisa dikurangi dan penghematan finansial dapat dicapai. Secara tidak langsung, kamu juga turut berkontribusi dalam penurunan polusi udara.

6. Bisnis Furniture Secondhand

Berapa banyak furnitur atau barang mebel yang diperbarui pemiliknya dalam setahun? Bisakah kamu bayangkan? Ajaran pemikiran konsumtif ini memang mempunyai dampak yang luar biasa dalam permasalahan ini.

Munculnya tren dan gaya terkini dalam desain atau bahan furnitur, membuat pelanggan menjadi kalap dan langsung menyadari bahwa ada baiknya mengganti furnitur lama mereka dengan yang baru.

Inilah yang bisa kamu jadikan peluang bisnis ramah lingkungan. Kamu bisa membuka usaha jual beli furniture bekas. Mungkin kamu bisa memulihkan terlebih dahulu barang-barang yang sudah rusak dan didesain ulang.

7. Bisnis Pengolahan Sampah dan Limbah Elektronik

Di antara berbagai macam jenis sampah, sampah dan limbah elektronik merupakan salah satu hal yang dianggap paling sulit untuk ditangani. Mengapa demikian? Karena sampah jenis ini merupakan bahan yang sulit diurai oleh alam.

Kamu dapat menjadikan ini sebagai peluang bisnis dengan cara mengolah sampah dan limbah elektronik, yang jumlahnya terus bertambah seiring berjalannya waktu. Sasaran penjualannya tentu saja ke berbagai pihak yang rutin mengolah sampah tersebut menjadi berbagai macam dekorasi atau merchandise inovatif yang baru.

8. Bisnis Thrift Shop

Bisnis thrift shop atau pakaian bekas sedang booming saat ini. Usaha baju bekas memang sejak dulu sudah ada, namun belakangan ini keberadaannya semakin menonjol dan diburu oleh pelanggan yang suka dengan fashion. Alasannya jelas, yaitu sebagai cara untuk mendapatkan produk yang bagus tetapi dengan harga yang murah dan terjangkau. Usaha ini termasuk ide bisnis ramah lingkungan karena mampu mengurangi sampah atau limbah tekstil.

9. Bisnis Produksi Kompos

Pernahkah kamu melihat ada orang yang melakukan kegiatan produksi kompos? Ya, semakin ke sini, semakin banyak orang yang mengetahui pentingnya penggunaan kompos dan fakta bahwa ternyata kompos bisa dibuat dengan cukup mudah.

10. Bisnis Produk Organik

Contoh bisnis ramah lingkungan yang juga dapat kamu jadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan yaitu dengan menyediakan atau mempromosikan produk organik ramah lingkungan. Bukan hanya sayuran dan buah-buahan, ada banyak produk lain yang dapat kamu hasilkan.

Umumnya barang dagangan tersebut merupakan kerajinan tangan. Walaupun harganya di atas harga produk non-organik, kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak pelanggan yang cukup tertarik dengan merchandise tersebut.

Baca Juga : Perbedaan Tumbler dan Botol, Yuk Ketahui!

11. Bisnis Jual Beli Barang Konsumsi Curah atau Refill Tanpa Kemasan

Kebutuhan sehari-hari, seperti sabun, sampo, minyak goreng, dan lain-lain, seringkali dikemas dalam plastik, yang secara otomatis menimbulkan tumpukan sampah baru. Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan cara memulai bisnis yang menjual kebutuhan pelanggan melalui mekanisme isi ulang atau curah.

Oleh karena itu, pelanggan yang datang untuk berbelanja, harus membawa tempat atau wadahnya sendiri. Tentu saja harganya dapat disesuaikan dengan beban atau volume yang diinginkan oleh pembeli. Selain itu, kamu bisa mendapatkan berbagai produk tersebut dalam jumlah besar melalui kerja sama dengan produsennya.

12. Bisnis Produksi Tote Bag

Peraturan pemerintah yang melarang penggunaan tas plastik di berbagai pusat perbelanjaan, mau tidak mau membuat konsumen memilih untuk menggunakan tote bag atau membeli tas belanja yang terbuat dari berbagai bahan. Berbisnis tote bag diyakini memiliki potensi yang baik karena semakin banyak orang yang membawa tote bag ke pusat perbelanjaan.

13. Bisnis Produk Hasil Limbah Kaca

Salah satu produk limbah yang biasa kita temui sehari-hari tanpa kita sadari yaitu kaca. Sebenarnya kaca adalah bahan yang bisa diolah kembali untuk menghasilkan produk baru. Oleh karena itu, barang yang satu ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis ramah lingkungan yang cukup menguntungkan.

14. Bisnis Pembuatan Kebun Mini

Banyak orang yang mengetahui akan pelestarian lingkungan namun tidak tahu apa yang harus dilakukan, atau mungkin tidak punya waktu untuk melakukannya. Sebenarnya, konsep ramah lingkungan bisa dimulai dengan cara menanam rumput kecil di rumah.

Inilah alasan yang akhirnya melahirkan konsep bisnis ramah lingkungan, misalnya jasa pembuatan kebun mini. Oleh karena itu, kamu kini tidak hanya menjual tanaman atau media tanam, namun juga mendesain dan menata tanaman dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Usaha ini cukup terkenal di kalangan masyarakat yang tinggal di apartemen atau tidak memiliki halaman yang luas di rumah.

15. Bisnis Konsultan Green Lifestyle

Jika kamu sudah mengenal konsultan keuangan, konsultan bisnis, atau konsultan pajak, ternyata ada juga konsultan green lifestyle loh. Tugas konsultan ini yaitu memastikan bahwa klien bertindak dengan cara yang lebih ramah lingkungan setiap harinya dan mampu mempraktikkan prinsip-prinsip hijau dalam segala aspek kehidupan.

16. Bisnis Bank Sampah

Apa itu bank sampah? Bank sampah merupakan ide untuk mengumpulkan sampah kering dan basah dari limbah rumah tangga. Sampah rumah tangga akan dikelola dari rumah masing-masing, kemudian disetor, ditimbang dan dicatat dalam buku tabungan.

Selanjutnya, sampah kering yang telah disetorkan dapat didaur ulang dan diolah kembali menjadi berbagai produk baru siap pakai, seperti dompet, tas, dan lain-lain. Sedangkan sampah organik bisa diolah menjadi kompos atau pupuk yang dapat dibagikan kepada petani.

Baca Juga : Inovasi Produk Ramah Lingkungan dan Cara Memulainya

17. Bisnis Produksi Sabun atau Shampo Non-Detergen

Ide bisnis ramah lingkungan yang terakhir yaitu produksi sabun atau sampo non-deterjen. Apabila kamu masih tidak yakin dengan bidang ini, kamu bisa bekerja sama dengan ahlinya. Produk yang dihasilkan adalah sabun atau sampo yang ramah lingkungan.

Artinya bahan baku pembuatan produk tersebut berasal dari bahan-bahan alami, seperti rempah-rempah, minyak kelapa, susu kambing, dll. Untuk menambah aromanya, kamu dapat menambahkan berbagai macam jenis bunga.

Sabun atau sampo tanpa deterjen pastinya sangat digemari dan memiliki harga jual yang cukup tinggi di pasaran. Kamu juga bisa memanfaatkan produk kertas daur ulang sebagai kemasannya.

Bisnis ramah lingkungan juga disebut bisnis industri hijau, digambarkan sebagai jenis bisnis yang menggunakan bahan-bahan berkelanjutan. Usaha ini memanfaatkan bahan-bahan baku dan energi seekonomis mungkin dengan tujuan mengurangi emisi karbon.

Beragam contoh bisnis ramah lingkungan yang disebutkan di atas bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi para pebisnis jika dijalankan dengan serius. Kamu dapat memilih bisnis yang sesuai dengan ide kamu dan modal yang kamu miliki, sisanya akan menyesuaikan.

Apa pun jenis usaha yang kamu pilih, kamu membutuhkan persiapan yang matang, strategi yang tepat, dan modal yang memadai. Tentu saja, semua hal ini dapat berdampak pada operasional bisnis yang kamu jalankan. Jika kamu tertarik untuk menjalankan bisnis ramah lingkungan, kamu bisa langsung menghubungi Liberty Society untuk melakukan pemesanan.

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.