Cara Membuat Tas Dari Plastik, Yuk Daur Ulang!

Cara Membuat Tas Dari Plastik, Yuk Daur Ulang!

Cara Membuat Tas Dari Plastik, Yuk Daur Ulang! - Plastik deterjen bisa kamu buat menjadi kerajinan tangan yang praktis dan sangat bermanfaat. Kamu dapat mencobanya sendiri di rumah sebagai langkah sederhana menuju gerakan peduli plastik.

Setelah kamu menggunakan deterjen, jangan langsung membuang kemasan plastik tersebut. Kamu bisa membuat kerajinan tangan dengan ide-ide kreatif yang kamu miliki.

Karena untuk cara membuatnya pun tidaklah sulit dan hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana saja. Dengan melakukan daur ulang kemasan deterjen, tidak hanya efektif dalam penghematan modal, tetapi kamu juga turut berperan dalam mengurangi sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan.

Jadi sekarang apakah kamu ingin mencoba bagaimana cara membuat tas dari plastik kemasan deterjen? Yuk, simak langkah-langkah berikut agar kamu bisa praktikan sendiri di rumah.

Cara Membuat Tas Dari Plastik

1. Siapkan Alat dan Bahannya

Cara membuat tas dari plastik yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan sebagai berikut :

  • Plastik kemasan deterjen berukuran besar
  • Kain lap untuk membersihkan plastik bekas kemasan
  • Benang untuk menjahit beberapa bagian tas plastik
  • Gunting
  • Kain polos
  • Furing
  • Resleting (opsional)

2. Bersihkan Plastik Bekas Kemasan Sebelum Digunakan

Jika semua alat dan bahan sudah siap, selanjutnya kamu harus membersihkan seluruh bagian dalam plastik bekas kemasan ini. Lalu, jemur sebentar di bawah sinar matahari. Lakukan langkah ini dengan hati-hati agar tidak merusak kemasan plastik.

3. Mulailah Memotong Kemasan Plastik

Pastikan plastik kemasan yang dijemur benar-benar kering. Setelah itu, kamu dapat langsung memotongnya menjadi dua bagian. Kemudian, buat lipatan 3cm pada ujung atas dan bawah kemasan tersebut. Gunting dan juga lipat menjadi ukuran 3 cm untuk membuat helai-helai plastik kecil. Kamu dapat membuatnya sebanyak 600 lipatan dari 60 bungkus kemasan deterjen.

Baca Juga : Cara Membuat Tas dari Kardus, Cantik dan Unik

4. Menganyam Potongan-Potongan Plastik

Cara membuat tas dari plastik selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menganyam potongan plastik hingga bentuknya menyerupai baling-baling. Ujung anyaman tersebut harus berbentuk vertikal agar memudahkan proses penyambungan. Lakukan proses anyam ini hingga mendapatkan jumlah yang banyak.

5. Menggabungkan Anyaman-Anyaman Plastik

Anyaman plastik yang sudah rapi hanya perlu disambungkan satu sama lain. Kamu cukup menyelipkan anyaman tersebut ke bagian vertikal anyaman lainnya. Proses ini harus dilakukan terus menerus hingga anyaman menjadi melingkar seperti tas.

6. Gunakan Sisa Lipatan untuk Membuat Tali Tas

Apabila tas plastik sudah terbentuk dengan sempurna, maka kamu dapat melanjutkan proses berikutnya yaitu membuat tali tas. Gunakan sisa lipatan plastik yang sudah di anyam menjadi bentuk segitiga. Kemudian sambungkan ujung-ujung segitiga tersebut dengan segitiga lainnya sehingga menyatu dan membentuk tali yang panjang.

7. Jahit Tali agar Menyatu dengan Tas Plastik

Kamu bisa menentukan panjang tali sesuai selera dan kebutuhan. Tali plastik yang sudah jadi bisa langsung dijahit pada kedua ujung tas plastik. Pastikan jahitannya sangat kuat agar tali tas tidak mudah putus.

Baca Juga : Contoh Seminar Kit Yang Menarik dan Unik

8. Lapisi Bagian Dalam Tas Dengan Menambahkan Furing

Cara membuat tas dari plastik yang terakhir yaitu melapisi bagian dalam tas dengan furing. Penggunaan furing akan membuat tas plastik lebih kuat karena terlapisi ganda. Usahakan untuk memilih lapisan yang sesuai dengan warna kemasan plastik deterjen agar terlihat tas lebih menarik. Kamu juga bisa menambahkan resleting agar tas dapat tertutup sempurna.

Itulah cara membuat tas dari plastik kemasan deterjen yang praktis dan bermanfaat sekali hasilnya. Mulai saat ini, jangan membuang plastik kemasan deterjen yang sudah habis.

Manfaatkan kemasan plastik tersebut untuk membuat kerajinan tangan yang bernilai jual. Selain membuat kerajinan tangan, dalam hal ini kamu juga telah melakukan langkah bijak untuk mengurangi jumlah limbah plastik.

Jika kamu ingin membuat tas yang unik, ramah lingkungan dan mampu meningkatkan penjualan, percayakan saja pada Liberty Society. Kami bukan hanya sekedar penyedia jasa, melainkan partner bisnis yang memahami kebutuhan kamu.

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.