Cara Membuat Tas dari Kardus, Cantik dan Unik

Cara Membuat Tas dari Kardus, Cantik dan Unik

Cara Membuat Tas dari Kardus, Cantik dan Unik - Kardus merupakan sebuah bahan yang proses pembuatannya menggunakan plup. Plup adalah bubur kertas yang terbuat dari hasil pemisahan bahan baku berserat kayu maupun non kayu melalui proses mekanis, kimia dan semi kimia.

Plup terdiri dari serat selulosa dan hemiselulosa yang digunakan sebagai bahan baku kertas. Kardus pertama kali diproduksi pada tahun 1871 di Inggris dan produksi awal didasarkan pada kebutuhan untuk melindungi atau mengemas barang-barang agar tidak memakan terlalu banyak ruang dan dapat digunakan kembali agar lebih ekonomis, ringkas dan praktis.

Tak disangka, sejak pertama kali muncul, kardus berhasil menarik banyak perhatian, dan hingga saat ini terus berkembang baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Klasifikasi jenis kardus berdasarkan ciri dan kegunaannya sebagai berikut:

Klasifikasi Jenis Kardus

1. Kardus Karton

Memiliki sifat yang mudah untuk dibentuk atau dilipat tanpa merusak atau mempengaruhi kondisi isi di dalamnya. Biasanya dilengkapi dengan irisan melintang lapisan bergelombang di tengahnya dengan ketebalan yang bervariasi untuk menjamin kekuatan kardus dan mencegahnya agar tidak mudah rusak. Kardus jenis ini paling banyak digunakan terutama untuk mengemas barang-barang yang rusak atau berukuran besar dan banyak.

2. Kardus Lentur

Kardus lentur yang mempunyai sifat mirip dengan karton yaitu mudah dibentuk dan dilipat. Pada jenis ini perbedaannya biasanya banyak digunakan sebagai kemasan makanan atau minuman cepat saji dengan lapisan antijamur.

Dari kedua jenis kardus ini, keduanya pasti sudah tidak asing lagi karena sering digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam bentuk dan desain.

Di era sekarang, kamu dapat memanfaatkan limbah kertas organik, sintetis, atau daur ulang seperti kardus untuk membuat tas cantik, contohnya goodie bag. Lantas bagaimana cara membuat tas dari kardus? Yuk ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Membuat Tas dari Kardus

  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Potong kardus sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan.
  3. Susun kardus yang sudah dipotong menjadi satu bentuk tas.
  4. Lapisi permukaan kardus dengan kertas bergambar atau plastik kado bening.
  5. Buat lubang di bagian depan dan belakang di tengah pojok atas untuk strap.
  6. Buatlah tas kardus berisi berbagai pernak-pernik.

Kardus sebagai bahan serba guna memang menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai bahan kerajinan seperti tas. Berikut langkah-langkah cara membuat tas dari kardus yang mudah diikuti.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat tas dari kardus, tentunya terlebih dahulu kamu harus memperhatikan dan menyiapkan alat dan bahan untuk membuat tas tersebut. Alat dan bahannya antara lain sebagai berikut.

Alat :

  • Gunting : Sebagai alat untuk memotong kardus menjadi bentuk yang diinginkan.
  • Penggaris : Tujuan penggunaan penggaris adalah untuk memastikan ukuran sisi-sisi kardus sama sehingga dapat dipotong dengan lurus dan rapi.
  • Jarum : Tas kardus biasanya dilengkapi dengan tali pengikat, dan jarum dapat membantu membuat tali tersebut agar terlihat lebih menarik.
  • Stapler : Stapler akan membantu lem dalam merekatkan potongan-potongan tas kardus menjadi satu.
  • Porforator : ATK yang biasa digunakan sebagai pelubang kertas agar lubang yang dihasilkan terlihat rapi dan bulat sempurna.

Bahan :

  • Kardus Bekas : Disarankan hanya menggunakan kardus bekas saja guna menjaga kelestarian lingkungan, dengan syarat kardus tersebut masih dalam kondisi baik agar terjamin kekuatannya.
  • Sampul Coklat : Sampul disini berupa kertas tipis berwarna coklat yang akan digunakan sebagai perekat pada bagian pinggir tas.
  • Kertas Bergambar (Kertas Kado) : Kertas bergambar atau kertas kado digunakan untuk menutupi permukaan kardus agar terlihat lebih indah.
  • Plastik Mika (Plastik Kado Bening) : Bagian ini sebenarnya opsional, namun disarankan menggunakan plastik mika agar tas lebih awet, terutama jika terkena air.
  • Tali : Tali akan digunakan sebagai strap tas.
  • Manik-manik: Meski permukaannya sudah dilapisi kertas kado, tak ada salahnya menambahkan manik-manik sebagai hiasan atau bisa juga dijadikan sebagai tali tas.
  • Lem: Lem akan membantu stapler menyatukan potongan-potongan tas dan menempelkan manik-manik sebagai hiasan.

Baca Juga : Cara Membuat Tas Dari Kain Perca, Mudah dan Langsung Jadi

2. Gunting Kardus Sesuai Kebutuhan

Setelah alat dan bahan sudah siap, langkah pertama cara membuat tas dari kardus adalah dengan memotong kardus tersebut menjadi beberapa bagian. Dalam hal ini ukuran dan bentuk potongan kardus dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan bentuk tas yang diinginkan.

Saat memotong kardus, pastikan terlebih dahulu untuk mengukur dengan ukuran yang sama. Jangan lupa sisakan jarak sekitar setengah hingga 1 cm dari tepi kardus agar nanti bisa direkatkan. Siapkan 5 sisi kardus untuk bagian depan, belakang, kanan, kiri dan bawah.

3. Susun Potongan Kardus Menjadi Satu Bentuk Tas

Apabila bagian dari kardus telah dipastikan mempunyai sisi sama besar dan terpotong secara rapi, cara membuat tas dari kardus selanjutnya yaitu dengan mulai menyusun bagian-bagian tersebut menjadi satu bentuk tas yang utuh secara teratur.

Rekatkan potongan-potongan tersebut dengan menggunakan potongan kertas coklat yang sudah disiapkan berukuran minimal 2 cm, tempelkan kertas coklat tersebut dengan hati-hati pada bagian pinggir kantong di sekeliling kantong, gunakan lem sebagai perekatnya, pastikan tidak ada potongan kertas berwarna coklat yang dibengkokkan dan dilipat pada bagian-bagian tertentu, serta direkatkan secara merata dan kuat.

4. Lapisi Permukaan Kardus Dengan Kertas Bergambar Atau Plastik Kado Bening

Jika kamu ingin tampilan tas kardus kamu lebih cantik dan tidak membosankan, cara membuat tas dari kardus selanjutnya adalah dengan melapisi bagian kardus tersebut dengan kertas gambar atau yang lebih praktisnya menggunakan kertas kado dengan warna dan motif pilihan sesuai selera.

Kamu juga dapat memilih opsi dengan menggunakan plastik kado bening sebagai lapisan. Penggunaan plastik mika atau plastik kado bening dimaksudkan untuk permukaan tas lebih bisa terlindungi dari goresan atau cipratan air yang beresiko merusak permukaan atau bahkan menyobek tas tersebut.

5. Lubangi Sisi Depan dan Belakang Pada Bagian Tengah Atas Pojok Untuk Strap

Cara membuat tas dari kardus selanjutnya yaitu dengan melubangi sisi depan belakang tas dibagian pojok tengah atas sebagai kaitan untuk strap tas menggunakan porforator agar lebih rapi. Berikut beberapa jenis tali yang dapat kamu gunakan sebagai strap.
  • Tali Kur : Permukaan tali ini cukup halus untuk digunakan sebagai pegangan. Tali kur biasanya digunakan pada tali jaket.
  • Tali Pita : Pita juga bisa digunakan sebagai tali pengikat tas kardus. Untuk pitanya sendiri bisa menggunakan pita satin atau grosatin yang memiliki ciri mengkilat dan lebar.
  • Tali Rami : Disebut juga tali rami karena mirip dengan bahan rami. Tali ini dinilai cocok karena memiliki kekuatan yang baik dan tidak mudah putus.
  • Tali Bisker : Tali jenis ini biasanya dibuat dari kertas kraft coklat dengan menggunakan lem atau benang jahit. Memiliki bentuk yang lebar sehingga memudahkan kamu untuk mengangkat beban ke atas tas.
  • Tali Kertas : Sesuai dengan namanya, tali jenis ini tentunya terbuat dari berbagai jenis kertas yang telah melalui proses daur ulang, dengan tali berbentuk untaian yang diperkuat dengan lem. Tali ini dinilai cocok dijadikan tali tas kardus karena tampilannya lebih serasi.

Baca Juga : Cara Membuat Tas Dari Plastik, Yuk Daur Ulang!

6. Kreasikan Tas Kardus Dengan Berbagai Pernak Pernik

Setelah strap pada tas kardus terpasang dengan benar dan pastikan kuat, cara membuat tas dari kardus selanjutnya adalah membuat kreasi berbagai pernak-pernik pada permukaan tas agar terlihat lebih menarik.

Berbagai bentuk pernak-pernik dapat kamu tempelkan. Kreasikan keterampilan dalam menggunakan lem dan desain yang estetik, mungkin tas akan terlihat sedikit berbeda dan lebih menarik perhatian. Jika sudah, maka cara membuat tas dari kardus sudah selesai dan kamu dapat langsung menggunakan tas tersebut.

Itulah cara membuat tas dari kardus yang mudah dan sederhana, namun memberikan hasil yang indah dan menarik untuk digunakan. Perlu diingat, karena terbuat dari bahan kardus tentunya kekuatan maksimal yang dimilikinya juga akan berbeda dengan tas rajutan, tas tali kur atau tas dari bungkus kopi, sehingga penggunaannya pasti perlu disesuaikan agar tidak mudah rusak dan dapat digunakan sesuai peruntukannya.

Jika kamu ingin membuat tas yang unik, ramah lingkungan dan mampu meningkatkan penjualan, percayakan saja pada Liberty Society. Kami bukan hanya sekedar penyedia jasa, melainkan partner bisnis yang memahami kebutuhan kamu.

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.