Penulisan Souvenir Yang Benar, Yuk Ketahui!

Penulisan Souvenir Yang Benar, Yuk Ketahui!

Penulisan Souvenir Yang Benar, Yuk Ketahui! - Penulisan pada souvenir dapat meninggalkan kesan yang baik bagi penerimanya. Souvenir adalah hasil representasi sebuah kenangan dan momen yang spesial.

Selain dijadikan barang kenangan, souvenir juga buah dari industri kreatif masyarakat lokal di Indonesia, yaitu suatu bentuk pengembangan kreativitas yang menghasilkan barang dengan bahan murah dan bernilai jual tinggi.

7 Penulisan Souvenir Yang Benar

Souvenir berasal dari bahasa Inggris "souvenir" yang berarti "tanda mata", "oleh-oleh", dan "suvenir" dalam Bahasa Indonesia. Kata “souvenir” merupakan kata serapan dari bahasa Indonesia.

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) edisi Oktober 2023, "souvenir" merupakan bentuk tidak baku dari kata "suvenir". Tetapi karena pengaruh globalisasi, masih banyak orang yang menulisnya sebagai "souvenir".

Menulis souvenir untuk berbagai jenis acara berdampak besar pada kesan yang kamu buat dan harus dilakukan dengan cermat. Di bawah ini adalah panduan praktis untuk membantu kamu dalam membuat penulisan souvenir yang benar.

1. Sederhana dan Bermakna

Penulisan souvenir yang benar harus menggunakan kalimat sederhana. Oleh karena itu, tulislah kalimat pendek (maksimal 5 kata) yang memiliki makna mendalam. Jika kamu ingin menyampaikan pesan di souvenir, pastikan menyampaikannya secara singkat dan jelas.

2. Pemilihan Kata Yang Tepat

Untuk memberikan kesan yang baik, pilihlah kata yang tepat ketika menulis souvenir. Gunakan kata-kata yang berkonotasi positif dan bersahabat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan ungkapan yang indah namun tidak berlebihan, baik dari segi makna ataupun jumlahnya.

3. Sesuai Acara

Penulisan souvenir yang benar berikutnya yaitu sesuai acara. Souvenir perlu ditulis sesuai dengan acaranya. Misalnya, souvenir pernikahan sebaiknya diberi kata-kata romantis yang melambangkan kisah cinta pasangan.

Baca Juga : Cara Membuat Souvenir Yang Sederhana dan Menarik

4. Sopan

Penulisan souvenir yang benar selanjutnya adalah sopan. Memaksimalkan kreativitas memang baik. Tetapi, harap bersikap etis dan sopan. Hindari menggunakan bahasa yang tidak dapat dimengerti dan kasar, karena dapat membuat penerimanya merasa tidak nyaman.

5. Penggunaan Tanda Baca Yang Benar

Penulisan souvenir yang benar berikutnya adalah penggunaan tanda baca yang tepat. Jika ada kesalahan dalam tanda baca, maka bisa menimbulkan kesalahpahaman penerimanya. Tanda baca yang biasa digunakan dalam souvenir antara lain titik (.), koma (,), dan tanda petik (').

6. Personalisasi

Jika memungkinkan, kamu dapat mencantumkan nama penerima pada penulisan souvenir. Hal tersebut pastinya membuat mereka merasa sangat dihargai dan diistimewakan pada suatu acara.

Baca Juga : Ide Hampers Lebaran Buatan Sendiri dan Tips Membuatnya

7. Sesuaikan Dengan Desain Souvenir

Penulisan souvenir yang benar berikutnya yaitu sesuai dengan desain suvenir yang dipilih. Pastikan fontnya sesuai, mudah dibaca, dan sesuai dengan visualisasi desain souvenir secara keseluruhan.

Itulah panduan praktis penulisan souvenir yang benar untuk dijadikan acuan ketika membuat souvenir untuk acara. Penulisan souvenir memungkinkan kamu meninggalkan kesan mendalam bahkan pesan sentimental kepada penerimanya.

Oleh karena itu, ingatlah dan ikuti panduan di atas ketika menulis souvenir. Jika kamu membutuhkan merchandise & hampers berkualitas dengan harga terjangkau, hubungi Liberty Society untuk melakukan pemesanan.

 

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.